Perpustakaan ICC

Islamic Cultural Center Jakarta

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Teori Pendidikan Islam: tinjauan Qurani dan filosofis

Text

Teori Pendidikan Islam: tinjauan Qurani dan filosofis

Dr. Jamileh Alamolhoda - Personal Name; Amar Fauzi - Personal Name; M. Syamsul Arif - Personal Name;

Description Not Available


Availability
BI00012362X7.3 ALA T C1ICC LibraryCurrently On Loan (Due on2025-05-05)
Detail Information
Series Title
-
Call Number
2X7.3 ALA T C
Publisher
jakarta selatan : STAI Sadra., 2022
Collation
617 hlm; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-9261-99-8
Classification
2X7.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
C1
Subject(s)
Pendidikan Islam
pendidikan islam tinjauan qurani dan filosofis
Specific Detail Info
Buku ini sebenarnya hasil dua riset yang masing-masing berjudul: Dasar-dasar Pendidikan Islam dan Perencanaan Kurikulum Berdasarkan Filsafat Mulla Sadra dan Filsafat Pendidikan dan Pengajaran Formal dalam Pandangan Islam. Buku ini digagas dalam rangka memberi jawaban yang diupayakan lebih utuh dan lebih transparan atas pertanyaan-pertanyaan yang pernah mengemuka: apakah maksud dari islamisasi pendidikan? Bagaimanakah pendidikan bisa diislamisasikan? Mengapa dan bagaimana ajaran Islam dapat mengkonstruksi seluruh sendi kehidupan kita? Kajian buku ini juga diperkaya oleh gugus studi suplementer yang dipandang perlu oleh penulis atau didasarkan pada masukan-masukan berharga dari para dosen, pakar, dan mahasiswa di bidang pendidikan. Teori pendidikan dalam buku ini memang menekankan penjelasan umum filsafat dan filsafat pendidikan tentang manusia, alam, pengetahuan, dan nilai, selain juga terfokus pada menjelaskan esensi, tujuan, prinsip, dan metode pendidikan. Kendati demikian, teori itu pada hakikatnya adalah teori bertindak sehingga, suka atau tidak, ia akan memberikan penjelasan atas berbagai relasi berbagai instansi politik, ekonomi, keluarga, dan hukum dengan lembaga pendidikan, serta merumuskan teori untuk mengarahkan tindakan dan praktik pendidikan. Sekalipun bidang-bidang filsafat seperti: antropologi, epistemologi, aksiologi dan filsafat politik, berkontribusi dalam menunjang proyek teori pendidikan yang tak berkesudahan, namun membangun konektivitas proporsional antara studi-studi filosofis dan praktik pendidikan merupakan tugas teori pendidikan. Selama konektivitas ini tidak terbangun secara logis dan argumentatif, tidak akan terbentuk suatu model reformasi dalam praktik pendidikan. Teori pendidikan inilah yang menjadi landasan praktik pendidikan.
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan ICC
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

Perpustakaan ICC Jakarta menyediakan akses koleksi keislaman dan umum. 

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search